burpee
Healthy Body Info

Coba gerakan burpe sehari 50 kali dalam sebulan dan lihat hasilnya

Burpee sulit. Membayangkan diriku melakukannya saja sudah membuatku lelah. Itu yang ku pikirkan saat temanku menantangku melakukannya 50 kali. Iya kamu tidak salah dengar. 50 burpee sehari selama sebulan penuh. Burpee membakar lebih banyak kalori daripada yang bisa kamu hitung. Kemudian aku menyerah.

Baik pertama-tama aku menonton banyak video tentang cara melakukan burpee dengan benar karena jika melakukan latihan fisik secara salah kamu bisa cedera parah. Bayangkan seberapa aku terkejut saat tahu ada banyak jenis burpee yang berbeda. Dengan dan tanpa plank, dengan push-up penuh dan bahkan dengan pull–up di akhir. Intinya aku memilih burpee yang ku sukai yaitu seperti ini. Berdiri tegak lalu turun ke posisi jongkok dan letakkan tangan dilantai lalu tendang kaki ke belakang untuk melakukan plank dan turunkan dadamu lebih dekat ke lantai. Langsung setelah itu kembali melompat ke posisi jongkok lalu melompat setinggi mungkin ke udara.

gerakan burpee
gerakan burpee

Setelah aku cari tahu teorinya seteliti mungkin tidak ada alasan menunda latihan ini. Seperti kata aku 50 burpee sehari 30 hari. Jujur saja aku bukan orang terbugar di dunia. Itu sebabnya memulai tantangan ini sangat berat. bocoran aku tetap melakukannya.

Hari ke 1

Saat menjalani hari pertama saat itulah aku kaget seketika karena baru 5x burpee aku sudah merasa sakit dan aku harus melakukan itu selama 50x. Aku merasa tak ada keinginan karena lelah dan hanya ingin bermalasan dan aku harus menahan latihan ini selama sebulan penuh?. Setelah melakukan burpee 50x aku menjadi terkejut karena dalam rentan waktu beberapa jam latihan tersebut selesai aku malah merasa lebih bugar dan penuh energi daripada awal mulai latihan.

Hari ke 2

Kenapa tubuhku sakit? Aku bisa merasakan beberapa otot dari dalam tubuhku!. Mungkin aku akan menyerah dengan kondisi tubuh seperti ini.. Tapi tantangan tetap berlanjut. Jadi aku terus berjongkok melompat dan tepuk tangan. Lagi-lagi aku merasa sangat lelah setelah latihan ini juga dorongan energi beberapa saat kemudian

Hari ke 3

Saat masuk hari ketiga aku menyadari bahwa latihan seperti ini jangan sampai ditunda. Kamu tahu alasan seperti terlalu sakit, terlalu lapar, terlalu lelah, saatnya mainan handphone, belum minum kopi alasan itu tak berhasil karena kamu masih harus melakukan tugas. Dari situlah aku akan mengingat dan berjanji pada diri sendiri ketika handphoneku berbunyi untuk m mengingatkan maka aku akan melakukan latihan burpee. Omong-omong tentang latihan itu sendiri, aku merasa seperti karung kentang saat melompat ke udara dan mendarat dengan terasa berat, detak jantungku menjadi cepat. Baiklah aku akan mencoba meningkatkannya.

Hari ke 5

Sejak aku mau mulai tantangan ini lenganku sakit sekali. Aku bahkan tidak melakukan push-up di bawah pada setiap burpee lalu kenapa tanganku sakit sekali. Aku berusaha menghibur diri dengan memikirkan lengan berototku yang indah di akhir tantangan. Tentu saja perutku sangat tersiksa.

Hari ke 7

Aku jelas lebih baik. Kondisi tubuh dan keinginan untuk melakukan burpee sekarang tak perlu dengan memaksa pikiranku untuk latihan karena diriku yang sekarang sudah mulai terbiasa dengan latihan ini. Aku juga mengetahui beberapa hal yang membuat latihan burpee lebih efektif. Pertama jangan berhenti, begitu aku beristirahat untuk memeriksa pesan atau menghela napas memulainya lagi jauh lebih sulit bahkan mungkin akan lebih baik melakukannya pelan dan stabil daripada mulai dengan cepat dan kehabisan setelah belasan burpee. Selain itu setelah terbiasa dengan burpee, aku memutuskan memodifikasi gerakanku. Sejujurnya aku menemukan kiat ini di internet. Sekarang aku mencoba menendang kaki ke belakang sebelum tanganku menyentuh tanah. Pada akhirnya aku berusaha berkonsentrasi dengan pernapasanku. Terkadang sulit mengingat untuk menarik napas dan buang napas, tapi aku sadar saat nafasku stabil lebih mudah bagiku mendukung ritmeku.

Hari ke 10

Hal menakjubkan terjadi kepadaku hari ini. Bus ku akan pergi dan aku harus mengejarnya Maksudnya tidak ada yang baru dengan cerita ini. Aku yakin dengan tubuhku sebelumnya yang setiap saat merasa lelah sebelum melakukan burpee tapi setiap aku melakukan kegiatan atau aktifitas berat aku selalu tak kehabisan napas. Itu semua berkat burpee.

Hari ke-14

Tanpa diduga aku sangat menyukai latihan burpee ku. Dalam benak pikiranku muncul pikiran yang sangat jahat. Bagaimana jika aku terus melakukannya bahkan setelah 30 hari ini berakhir. Biar saja tubuhku lebih berotot. Ketahanan tubuh ku jauh lebih baik daripada sebelumnya dan aku menjadi lebih ramping.

Hari ke-20

Masuk hari ke 20 aku mencoba mengajak temanku yang termotivasi oleh hasil latihanku dan mencoba mengajaknya melakukan tantangan tersebut. Kehawatiran utamanya adalah dia tidak sempat melakukan 50 burpee setiap hari tapi sebenarnya hal paling menakjubkan adalah latihan yang tampak selama ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 7 sampai 8 menit. Waktu tercepat Adalah 6 menit 13 detik dan saat sangat tidak bersemangat aku menghabiskan waktu kurang dari 10 menit

Hari ke 30

Jadi waktunya menyimpulkan pengalaman. Pertama-tama aku terkejut saat tahu tentang tantangan ini lebih sulit bagi pikiranku daripada tubuhku. Aku banyak menghabiskan waktu menunda-nunda takut dengan ketegangan itu atau menyalahkan diri karena tidak bisa melakukannya. Pasti bukan hanya aku yang memiliki masalah ini kan. Sisi baiknya aku sangat bangga bisa menyelesaikan tantangan ini juga mengatasi ketakutan dan kegelisahan ku. Sekarang tentang perubahan fisik. Satu hal lagi yang membuatku bangga.

berat badan turun
berat badan turun
  • Bobotku berkurang 3 kg. Itu pun tanpa mengurangi makan atau apapun.
otot perut lebih baik
otot perut lebih baik
  • Tubuh bagian perutku menjadi lebih kelihatan berotot
tubuh lebih ideal
tubuh lebih ideal
  • Lengan dan kaki ku jauh lebih ramping daripada sebelumnya dan begitu cuaca cukup hangat kamu pasti akan melihatku memakai celana pendek
fisik lebih bagus
fisik lebih bagus
  • Ketahanan tubuh jauh lebih baik belakangan ini. Sebelumnya aku benci berlari karena aku kehabisan nafas 3 menit setelah memulai tapi setelah temanku membujukku berlari di taman tempo hari ku sadari aku menjadi jauh lebih baik. Aku rasa aku berlari tanpa henti selama 15 menit dan baru setelah itu aku memelankan lariku.

Dari hasil tantangan ini dapat kuambil kesimpulan bahwa aku lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *